Apa Beda dari Maket dan Miniatur? Sudah Tahukah?

Maket dan miniatur adalah bentuk tiruan suatu objek dengan ukuran yang lebih kecil. Kedua istilah ini sering kali digunakan untuk menyebut objek kerajinan yang sama. Padahal, sejatinya maket dan miniatur memiliki perbedaan meski tidak bisa dipungkiri kedua istilah tersebut begitu mirip. Sebelum menilik lebih jauh perbedaan dari maket dan miniatur, marilah kita selami seluk-beluk maket dan miniatur berikut.

Apa Beda Maket dan Miniatur?

Maket adalah bentuk tiruan suatu objek yang berupa bangunan atau yang lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Sementara itu, miniatur adalah kerajinan yang dibuat dengan menjadikan objek lain sebagai inspirasi. Kedua kerajinan tersebut sama-sama berukuran kecil dan berupa kerajinan tiga dimensi.

Perbedaan maket dan miniatur adalah tujuan pembuatannya. Maket biasanya dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan suatu objek. Di samping itu, maket dimanfaatkan sebagai media pendukung untuk presentasi. Sementara itu, miniatur dibuat untuk kebutuhan aksesori atau souvenir perusahaan.

Miniatur sebagai Souvenir Perusahaan

Miniatur memang sering dijadikan sebagai aksesori karena memang memiliki desain estetik. Alasan tersebut juga kerap menempatkan miniatur sebagai souvenir perusahaan. Perusahaan biasanya membuat miniatur custom karena dapat dipersonalisasi sesuai dengan ekspektasi. Berbagai hal ikonik dari perusahaan bisa dicerminkan pada miniatur sehingga terlihat lebih sarat akan makna yang berkesan.

  • Miniatur bangunan

Beberapa perusahaan memilih memutuskan untuk membuat miniatur bangunan yang berupa miniatur gedung. Hal ini dilakukan karena setiap perusahaan memiliki gedung dengan arsitektur yang tiada duanya. Miniatur rumah adat juga termasuk dalam kategori yang satu ini. Bila perusahaan ingin menunjukkan nuansa budaya dan turut melestarikan budaya, miniatur rumah adat adalah pilihan yang tepat.

Lihat produk: Miniatur Rumah Honai

  • Miniatur alat berat

Jika berbicara tentang alat berat, di benak masyarakat tentu langsung terhubung ke dunia pertambangan. Karena itulah, alat berat menjadi inspirasi untuk membuat miniatur pertambangan. Miniatur alat berat bisa berupa souvenir miniatur pompa angguk. Dengan menjadikan alat berat, tentunya souvenir yang diberikan perusahaan tambang lebih representatif dan sarat akan makna mendalam.

  • Miniatur kendaraan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan pasti membutuhkan kendaraan, baik sebagai alat transportasi atau alat distribusi. Misalnya, perusahaan tambang dan konstruksi membutuhkan truk untuk mengangkut berbagai material. Karena itulah, hadir juga miniatur kendaraan dalam sebuah perusahaan. Salah satu contohnya adalah miniatur truk. Kemudian, ada juga miniatur kapal hingga miniatur kapal pesiar.

Berbagai miniatur tersebut tidak sekadar menjadi souvenir bagi suatu perusahaan. Karena representatif, perusahaan juga memanfaatkan miniatur untuk membangun citra diri. Dengan memberikan kepada relasi, souvenir miniatur diharapkan juga mampu menjadi sarana untuk memperkuat hubungan bisnis antara perusahaan dan relasi. Dengan begitu, kerja sama bisnis bisa berjalan dengan lebih lancar.

Tahukah Anda Pengertian Miniatur?

Tahukah Anda Pengertian Miniatur?

Pengertian miniatur agaknya menjadi pengetahuan dasar yang perlu dipahami dengan…

Contoh Cinderamata Perusahaan

Contoh Cinderamata Perusahaan

Contoh cinderamata menjadi acuan atau inspirasi bagi perusahaan ketika hendak…

Arti Miniatur sebagai Souvenir Perusahaan

Arti Miniatur sebagai Souvenir Perusahaan

Arti miniatur sering kali dianggap sebagai kerajinan yang terinspirasi dari…